Minggu, 13 Oktober 2013

VISITASI AKREDITASI PRODI PGSD UNIVERSITAS MAJALENGKA

Penilaian manajemen sebuah Program Studi (Prodi) dinilai sangat penting dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan proses akreditasi dengan menyebutkan status akreditasi pada prodi tersebut.

Hari Senin (07-10-2013)
Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Pendidikan Dasar Universitas Majalengka (UNMA)  telah melakukan proses akreditasi oleh tim assessor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim dari BAN-PT tersebut terdiri dari Dr. Fahrurrozi, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Dr. Yosef, MA. Dari Universitas Sriwijaya (UNSRI).


Tim assesor tiba di kampus UNMA dengan disambut ramah oleh Wakil Rektor I UNMA, H. Z. A. Sastramihardja, M.H. dan Dekan Fakultas Pendidikan Dasar UNMA Dr. Hj. Titien Sukartini, M.M.Pd. serta beberapa pejabat struktural dan Dosen Fakultas Pendidikan Dasar.


Setelah acara pembukaan, tim Asesor BAN PT selanjutnya melaksanakan verifikasi data borang sebagai syarat penilaian kinerja Prodi PGSD UNMA. Tim Asesor menerima paparan gambaran tentang Prodi PGSD oleh tim penyusun Borang
dan presentasi ringkasan informasi penyelenggaraan pendidikan di Prodi PGSD. Selain melakukan verifikasi data borang akreditasi, para tim asesor juga melakukan diskusi dan klarifikasi serta wawancara kepada perwakilan dosen maupun mahasiswa. 

Kegiatan visitasi kampus oleh tim asesor BAN PT diakhiri dengan peninjauan sarana dan prasarana yang ada di Prodi PGSD sebagai kelengkapan dan konfirmasi data.
 


Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Proses akreditasi Prodi PGSD oleh BAN-PT pada tahun 2013 ini merupakan proses akreditasi yang pertama kalinya sejak berdiri pada tanggal 29 Agustus 2011. 

Program verifikasi lapangan oleh Tim Asesor diharapkan untuk mendapatkan masukan-masukan kepada prodi maupun kepada institusi, sehingga dapat dijadikan prioritas dan penyemangat untuk memperbaiki dan mengembangkan program studi yang berkualitas.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar